Sunday, February 5, 2012

Pin It

Pengertian dan Cara Kerja Nitrous Oxide System N2O

Ketika main game trus gw liat, NOS....
apaan seh tuh NOS??, Sepertinya kren deh, itu yg ada di fikiran ku.

orang-orang awam biasanya menyebutnya dengan NOS yang sebenaranya bukan singkatan dari Nitrat Oksida "N2O". NOS sebenarnya adalah singkatan dari Nitrous Oxide System yang merupakan produsen terbesar system injeksi Nitrous .


Nitrous Oxide sebenarnya adalah sebuah nama kimia dari N2O, karena terdiri dari dua atom Nitrogen dan 1 atom Oksigen .



What Is Nitrous Oxide ????
Penggunaan Nitrous Oksida pertama kali digunakan pada Perang Dunia II untuk pesawat Tempur, Tujuannya untuk menkompensasi kurangnya Oksigen pada Atmosfer di ketinggian yang Tinggi. Penggunaan Nitrous Oxide Pertama kali pada Mobil Adalah Smokey Yunick yang merupakan Pembalap NASCAR .Ia ditmukan memakai Nitrous dan dilarang oleh NASCAR



Nitrous oxide atau lebih di kenal dengan NOS atau ada juga yg Mengatakan Gas Tertawa dan Udara Manis yang senenaranya merupakan Senyawa kimia dari N2O, dalam dunia kedokteran khususna dokter gigi, Nitrous Oxide biasanya digunakan sebagai Anestesi untuk menghilangkan rasa sakit pasien. Jika digunakan maka N2O akan bereaksi menjadi NO " Nitrit Oksida" yana merupakan gas yang memiliki akibat 298 kali per unit berat lebih berbahaya dibanding Karbon Dioksida mengakibatkan Potensi Pemanasan Global

Cara Kerja Nitrous Oxide...
Jadi ...
bagaimana sebenarnya Pembakaran dengan Nitrous Oxide ini??
Pembakaran sebenarnya adalah Campuaran dari Bahan bakar dan oksigen yang terbakar di ruang bakar dengan bantuan  Spark plug "Busi" , dan apa yang terjadi????, sebuah ledakan menghasilkan tenaga.
apa yang terjadi jika NOS di alirkan ke saluran Intake ruang bakar,???
pada suhu 296 derajat Celcius .atom Nitrogen dan Oksigen terurai, Atom Oksigen yang terlepas terbakar bersama dengan bahan bakar di ruang bakar. MORE OXYGEN = MORE POWER. sederhananya seperti itu.

yah, tentu saja kita melihat proporsi keseimbangan antara bahan bakar dengan udara dan pembakaran yang prematur nantinya. So, kenapa kita tidak hanya memasukkan Oxigen Murni dengan NOS di bandingkan dengan hanya Nitrous Oxide???
Apabila kita hanya memasukkan Oxigen murni juga ke dalam ruang bakar bersama dengan NOS, maka akan terjadi pembakaran yg terlalu liar, menyebabkan engine meledak-ledak tidak teratur, ini di sebabkan karena Atom Nitrogen pada Nitrogen Oksida memiliki fungsi juga. Nitrogen ini memiliki Efek pendingin pada suhu pembakaran dan menyerap panas serta membawanya pergi.

Nitrous Oxide juga mendinginkan Suhu dari Udara masuk Mulai dari 60°F - 75°F  dan setiap Suhu menurun 10°F maka kita mendapat keuntungan 1% Tenaga Kuda . dengan adanya Nitrous Oxide kita gk cuman dapat keuntungan Ekstra dari oxigen tapi juga keuntungan 6% - 7% Tenaga Kuda.
Dalam Suatu Pertandingan  Drag Race , seseorang yang menggunakan Nitrous Oxide Lebih Mendapatkan kan keuntungan dibanding dengan mobil yang menggunakan Intercooler atau pun Aftercooler , dengan itu dapat mengurangi beban dan mengurangi lambatnya udara masuk walau dengan TurboCharger.

Schematic Of Nitrous Oxide

Jenis-jenis Nitrous Oxide

  1. Nitrous Oxide Kit Injeksi Kering (dry kit)
    Kit Injeksi kering menyemprotkan campuran dari bahan bakar dan gas  N2O dimasukkan pada melewati Intake manifold atau udara masuk, Metode ini menyediakan power yang kurang , dikarena kan kurangnya keseimbangan antara jumlah bahan bakar dengan udara yg berlebih, jadi hal tersebut hanya menghasilkan Campuran kurus, karena kurangnya bahan bakar dibanding udara, dan engine hanya akan meledak-ledak dengan power yang kurang.
  2. Nitrous Oxide Kit Injeksi Basah (wet kit)
    Kit Injeksi Basah menyemprotkan Nitrous Oxide bersama dengan bahan bakar pada Injector. dengan ini, rasio dari bahan bakar dan  N2O dapat seimbang dengan udara yg dimasukkan sehingga menghasilkan power yang lebih dari biasa, namun hal yang harus difikirkan ia lah hasil dari pembakaran yang tidak sempurna, Wet Kit mengahasilkan genangan bahan bakar yg terjebak di ruang bakar, dan dapat di pastikan tuh pasti jadi bumerang buat kita, dan yang paling di takutkan apabila kurang Durability dari component tersebut dapat rusak seketika.
  3. Hardcore Injection Sytem
    Ada juga yang lebih nekat, system ini di modifikasi dengan sedemikian rupa sehingga  N2O dapat disemprotkan langsung melalui poert injeksi, berbeda dengan Wet Kit, bedanya adalah Nitrous Memiliki Injector tersendiri dan tidak dicampur dengan bahan bakar sebelum pembakaran, dengan kata lain, Engine tersebut memiliki 2 Injektor pada satu ruang bakar.


Apakah Penggunaan Nitrous Oxide itu Aman ???
Dengan Power yang berlebih , bagaimana orang dapat mengendalikan kinerjanya tanpa membuat engine Blow -up atau bsa dikatakan rusak,???
Menggunakan Wet Kit atau kit basah dapat kita kendalikan dengan :
  • Meseimbangan antara bahan bakar  N2O dan udara agar terjadi pembakaran yang efisien.
  • Pengendali pengapian juga dapat di pasang dengan memperlambat waktu percikan ketika nitrogen oxida digunakan agar tidak terjadi pembakaran yang premature atau pembakaran terjadi sebelum waktunya, atau biasa juga dikenal dengan mengetuk "Knocking" atau pun isu suara seperti peluru "Pinging".
  • Bahan bakar beroktan tinggi juga digunakan , seperti Pertamax+ dan Shell extra dengan oktan kadar oktan 95 .
Let see the Performance of old jaguar with another of famous car
video


Like the Post? Do share with your Friends.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment